Hingga Agustus Transaksi di Pasar Saham Sumsel Capai Rp8,8 Triliun

414
Seorang jurnalis mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (22/7). Menjelang pengumuman pemenang pilpres oleh KPU, IHSG tercatat terkoreksi tajam 43,6 poin atau 0,85 ke level 5.083,52. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz/14

Cindepedia – Transaksi pasar saham di Sumatera Selatan hingga Agustus 2017 mengalami kenaikan yang signifikan. Peningkatan angka transaksi ini merupakan dampak positif dari program Yuk nabung saham yang di gulirkan BEI.

Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Palembang mencatat, hingga Agustus tahun ini trasaksi sudah mencapai Rp8,8 triliun. Angka ini naik signifikan jika dibandingkan dengan semester pertama tahun 2017 yang mencapai Rp5,5 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Palembang Hari Mulyono mengatakan, Palembang masih menjadi basis utama transaksi pasar saham di Sumsel masih terpusat di Kota Palembang.

Namun yang menarik, beberapa daerah sudah ada peningkatan jumlah SID baru seperti Linggau dan Baturaja serta Muara Enim. “Hingga akhir tahun kami optimis bisa tembus Rp12 triliun,” katanya, Sabu (16/9).

Hari mengakui, tahun ini kinerja cukup bagus, rata-rata transaksi per bulan sudah lebih dari Rp1 triliun. Termasuk juga kinerja pertumbuhan investor yang saat ini sudah menembus 1.209 investor baru tahun ini per Agustus.

Tahun lalu, angka tertinggi transasi disemester pertama terjadi pada bulan April yang menyentuh Rp905 miliar. “Kita sangat yakin, semester kedua angka bisa lebih baik lagi jika mengaju data semester pertama,” jelas dia.

“Sampai akhir tahun kami optimis bisa menembus target 1.900 investor, untuk posisi saat ini sudah mencapai 75 persen target,” katanya.

Dirinya mengakui, untuk minat investor tertinggi di Sumsel adalah kaum karyawan swasta, BUMN dan BUMD kemudian disusul dengan kalangan pengusaha, kemudian mahasiswa atau pelajar lalu baru ibu rumah tangga. “Pegawai masih tinggi sebagai peminat investor dan paling antusias,” tutur Hari. (ans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.