Jamin Keamanan Penumpang, Grab Hadirkan Inovasi Baru

66
Anggota Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Palembang, Ajun Inspektur Polisi Dua, M. Mutasor, Head of Platform Safety & Quality, Grab Indonesia, Mochammad Fadjar Wibowo, City Manager Grab Palembang, Siswantoro. (Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Cinde Pedia – Palembang menjadi kota kelima setelah Bandung, Makasar, Medan dan Surabaya untuk kegiatan Safety Roadshow, serta peluncuran sejumlah inovasi fitur keamanan baru, untuk memberikan kenyamanan bagi semua orang. Terutama pelanggan setiap Grab dalam bertransportasi.

Adapun fitur yang ditampilkan dalam Safety Roadshow Palembang ini adalah bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan yang diluncurkan akhir tahun lalu. Tujuannya untuk mencapai angka kecelakaan “nol insiden”, yang bisa terwujud dengan cara mengantisipasi berbagai hal yang berpotensi memicu terjadinya insiden.

Salah satu bentuk pencegahan tersebut adalah, memberikan Pelatihan Edukasi Perlindungan Penumpang dan Mitra Pengemudi, bersama Forum Pengada Layanan (FPL) kepada mitra pengemudi terpilih di Palembang.

Siswantoro, City Manager Grab Palembang mengatakan, pihaknya akan terus mempertahankan prestasinya sebagai perusahaan aplikasi serba bisa
dengan standar keamanan tinggi di Indonesia.

“Saat ini di Palembang, baik mitra pengemudi maupun penumpang akan merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan berkat fitur terbaru berupa Safety Center dan Fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi. Grab juga melakukan psikotes dalam proses perekrutan mitra pengemudi GrabCar, dengan tujuan meningkatkan kualitas para mitra pengemudi,” ujar Siswantoro, Rabu (13/11).

Dilanjutkannya, dalam teknologi keselamatan tersebuy, pihaknya terus meningkatkan standar keselamatan transpostasi diIndonesia.

Sementara itu, Mochammad Fadjar Wibowo, Head of Platform Safety & Quality, Grab Indonesia mengatakan, dalam operasi keselamatan penting seperti respons insiden keselamatan 24/7, perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk setiap perjalanan, serta pemeriksaan latar belakang mitra pengemudi yang ketat sebelum mengikat kemitraan.

Fondasi keselamatan yang kuat yang telah diletakkan selama bertahun-tahun, dan berbagai fitur keselamatan terbaru hari ini merupakan bukti kuat komitmen pihaknya, untuk berbuat lebih banyak.

“Saat ini, fitur baru bisa digunakan oleh para penumpang Grab di seluruh Indonesia. Namun fitur ini baru bisa digunakan para pegemudi diawal 2020,” jelasnya.

Sedangkan Yeni Roslaini, Direktur Eksekutif Women Crisis Center (WCC) Palembang, Anggota Forum Pengada Layanan menambahkan, FPL dan Grab memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menjadi wadah yang dapat mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan ketika berkendara.

“Baik untuk perempuan maupun laki-laki. Kami sangat senang, bisa terlibat dalam Safety Roadshow ini,” terangnya.

Dia mengharapkan, kegiatan ini dapat memberi wawasan baru dan bersama-sama dengan mitra pengemudi, penumpang, dan semua pihak yang terkait.

“Mari kita cegah kekerasan dalam perjalanan dan menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman,” ajaknya.

Ia menambahkan, ada beberapa fitur keselamatan lainya yang ditawarkan grab baik bagi penumpang, maupun pengemudi, diantaranya Safety Center/Pusat.

“Semua penumpang yang mengendarai Grab ,sekarang dapat mengakses beberapa fitur keselamatan dalam satu ketukan. Report a Safety Issue Penumpang dapat dengan mudah melaporkan masalah keselamatan, misalnya, mengemudi yang tidak aman, kapan saja dalam perjalanan mereka sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan,” terangnya.

Dan Get Emergency jika terjadi keadaan darurat, penumpang dapat meminta bantuan dari tim respon insiden Grab 24/7, Free Call (VoIP) – Penumpang dan pengemudi kini dapat memilih “Free Call” yang akan memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab dan verifikasi wajah pelanggan dan pengemudi melalui swapoto. (ds/int)

BAGIKAN