Jangan Dianggap Remeh, Sales Bisa Jadi Pimpinan

207
Kepala Cabang Auto 2000 Veteran, Said Ali dan Rizki memperlihatkan penghargaan yang diterimanya karena memberikan konstribusi penjualan terbaik 2019.(Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Cinde Pedia – Bila selama ini banyak orang memandang sales pekerjaan sebelah mata, dan kebanyakan orang akan mundur teratur bila ditempatkan dibagian ini. Tapi bagi Rizki Akbar pekerjaan sales justru menjadi yang menantang dan dia berhasil menjadi  best seller Sumatera 2 dalam ajang The Podium 2019 yang digelar di Bali 14 Februari lalu.

Penghargaan yang didapatnya ini mengantarkannya meriah penghargaan liburan Korea dan mendapat uang tunai. Rizki juga masuk dalam 100 besar dealer people award 100 wiraniaga terbaik Toyota se Indonesia.

Rizki membuktikan pada keluarga dan kerabatnya bahwa dia bisa membahagiakan keluarganya dengan liburan ke Eropa dan Amerika berulang kali meski hanya bekerja sebagai tenaga penjualan.

Ayah satu anak ini kerap mendapat reward berupa liburan ke luar negeri setiap enam bulan sekali atau dua kali setahun. Penghargaan yang didapatnya ini merupakan buah dari kerja keras sebagai tenaga penjual.

Lima tahun menjadi tenaga penjual mobil di Auto 2000 Veteran membuat Rizki meraih best seller Sumatera 2 dengan capaian rata-rata menjual 11-12 mobil setiap bulan sepanjang 2019. Penjualan mobil ini murni ke pelanggan langsung bukan ke perusahaan atau instansi atau dinas lainnya.

Rizki mengatakan jurus jitu menggaet pelanggan karena dia menempatkan diri sebagai pelanggan atau memahami apa yang diinginkan konsumen.

Baca Juga  Ingin Beli Mobil DP Murah dan Dapat Potongan Kredit, Auto 2000 Veteran Tempatnya

Pria 29 tahun ini mengaku pertama kali menjadi tenaga penjual pernah tidak menjual satu unit mobil pun atau hanystu mobil per bulan. Belajar dari keinginan konsumen serta didukung oleh mentor dan pimpinan akhirnya Rizky percaya diri dan menunjukkan performa penjualan yang terus menanjak.

Dia mengaku dulu sulit menjual mobil karena door to door menawarkan mobil dari satu rumah ke rumah lainya atau dari satu toko ke toko lainnya. Ditolak bahkan sebelum dia memberikan penjelasan apapun itu juga sering dialaminya.

“Relasi yang saya punya saya jaga dan utamakan keinginan konsumen sehingga Alhamdulilah membuatkan hasil,” ujarnya, Sabtu (22/2).

Rizky ingin membuktikan pada keluarga dan temannya bahwa tenaga penjualan bukan pekerjaan rendah dan tidak bisa menghidupi keluarga. Buktinya kini dia bisa menikmati jerih payahnya baik secara prestasi dan finansial karena setiap mendapat award juga dibarengi dengan pendapatan finansial pula.

Dia mengatakan tenaga penjualan kerap disamakan dengan sales penjual panci yang berkeliling menjajakan dagangannya dan dianggap pekerjaan rendah yang harus berpanas-panasan bekerja di lapangan.

Rizki mengisahkan awalnya bekerja sebagai tenaga penjual saat masih di bangku kuliah. Sembari menuntut ilmu dia juga bekerja menjadi tenaga penjual dengan alasan agar mencari uang bisa berjalan dan menuntut ilmu juga tidak terabaikan.

Baca Juga  Penutupan PORSE 2019, Auto 2000 Veteran Terpilih Sebagai Juara Umum

Meksi memiliki gelar sarjana teknik sipil namun Rizki memilih tetap pada pekerjaan saat ini sebagai tenaga penjual mobil. Dia mengatakan sudah nyaman dan tahu strategi yang rusak diterapkan agar bisa memenuhi target penjualan.

Sementara itu Kepala Cabang Auto 2000 Veteran, Said Ali berharap penghargaan ini dapat menambah motivasi para wiraniaga terbaik untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Said sendiri menegaskan, dengan adanya ajang seperti ini juga memang sangat memacu spirit diler untuk mendorong salesnya. Apalagi, pada 2020 yang penuh dengan tantangan ini. Dia berharap torehan positif bakal diraih.

“Semoga mereka juga semangat memberikan kinerja terbaik mereka sebagai wujud nyata menjadi The Best In Town Auto 2000 Veteran di Sumsel,” ujarnya.

Said sendiri menegaskan, dengan adanya ajang seperti ini juga memang sangat memacu spirit diler untuk mendorong penjualannha. Apalagi, pada 2020 yang penuh dengan tantangan ini. Dia berharap torehan positif bakal diraih agar kinerja semakin baik lagi. (ds/int)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.