Selama Natal dan Tahun Baru, Pertamina Jamin BBM dan LPG Aman

289
General Manager Marketing Operation Region II, Primarini saat menjelaskan persediaan Bahan Bakar menjelang Natal dan Tahun baru pada prescon di Venue Bowling, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. (M.Tohir/detiksumsel.com)

Palembang, Cinde Pedia – PT Pertamina menjamin ketersedia stok BBM dan Elpiji aman jelang libur panjang natal 2019 dan tahun baru 2020. Saat ini Pertamina sudah mulai mengaktifkan satuan tugas atau satgasnya untuk memastikan kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak atau BBM.

General Manager Pertamina Marketing Operational Regional (MOR) II Sumbagsel, Primarini didampingi General Manager RU III Plaju Joko Pranoto, Rabu (18/12) mengatakan, sejak 16 November lalu hingga 8 Januari 2020 pihaknya mempersiapkan Satgas dan menjamin seluruh SPBU dijalur lintas Sumatera yang mencapai 63 SPBU, untuk menjaga ketersedian stok BBM disepanjang jalur mudik natal dan tahun baru.

Ia melanjutkan, estimasi pemudik yoy naik 4-5 persen, estimasi BBM yoy naik 2,1 persen atau sebesar 5.691 KL, LPG 3,4 persen atau sebesar 1.205 MT.

“Pertamina jamin ketersediaan energi di Sumbagsel dengan baik selama 24 jam operational dan siap melayani para pemudik, ” katanya

Ditambahkanya, untuk tahun ini pihaknya juga mempersiapkan ketersedian stok BBM dijalan Tol sepanjang Pakembang- Lanpung. Untuk layanan BBM Tol sudah ada 12 titik (11 modular dan 1 regular).

Baca Juga  Pertamina Kembali Salurkan Wastafel Portable dan Sprayer di Dua Kecamatan

Diluar jalur Tol, ada lebih kurang 63 SPBU siaga di jalur lintas Sumatera dan total pangkalan siaga ada 11.115, avtur per day ada 211 KL, menjaga ketersediaan pelumas di SPBU

Ditambahkanya, untuk realisasi dan prediksi kenaikan permintaan BBM dan LPG selama Naru tahun 2019 ini, yakni Premium naik 1 persen dari normal 2.835 KL diprediksikan 2.863 KL, pertalie naik 3,6 persen dari normal 4.221 KL diprediksikan 4.373 KL, pertamax naik 2 persen dari normal 634 KL diprediksikan 647 KL serta turbo naik 2,5 persen dari normal 27 KL diprediksikan 27,7 KL.

Tidak hanya BBM, LPG juga dipresikaikan mengalami kenaikan 3,6 persen dari normal 1.609 MT diprediksikan 1.667 MT.

Primarini menambahkan, secara garis besar pertamina siap. Tapi memang diakuinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan pihaknya yakni pengaman dari TBBM kelembaga penyaluran, monitoring stok dan distribusi, menyiapkan layanan khusus BBM dan Lampung.

Baca Juga  Konsumsi Bright Gas Meningkat, Pertamina Beri Apresiasi Bagi Pelanggan Setia

Penambahan awak dan mobil tengki, dan terus melakukan koordinasi dengan berlomunikasi tingkat internal untuk memastikan seluruh kebutuhan baik BBM maupun LPG Aman.

Ia menambahkan, pada naru seperri tahun – tahun sebelumnya, tidak semua BBM, BBM jenia solar/bio justru mengalami penurunan konsumsi, yakni solar/bio turun 4,2 persen dari normal 4.570 KL diprediksikan 4.378 KL.

Bila gas oline mengalam peningkatan, tidak demikian dengn gas oil justru mengalami penurunan seperti halnya solar.

Sedangkan General Manager RU III Plaju, Joko Pranoto mengatakan, dari sisi produksi pihaknya siap melayani Naru tahun ini pihaknya akan tetap operational selama 24 jam dan menambahikut satgas (Naru,red) tidak ambil cuti guna memastikan kilang bekerja selama 24 jam dan menambahk produksi selama Naru dari 105 KL menjadi 110 KL.

Untuk itu, Pertamina memastikan produksi berjalan memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi BBM selama libur Naru. “Kita memastikan stok full, untuk dikirim ke pemasaran untuk kemudian didistribusikan ke masyarakat,” ungkapnya. (ds/int)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.