Tahun Depan, Sensus BPS Gunakan Data Registrasi Kependudukan Dukcapil

57
Kepala biro humas dan hukum Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Endang Retno Sri Subiyandani, Kepala Badan Pusat Statistik (Bps) Propinsi Sumatera Selatan, Endang tri wahyuningsi saat workshop media Selasa (Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Cinde Pedia – Secara Nasional Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan melakukan sensus penduduk ditahun 2020 mendatang.

Ini merupakan sensus ke 7 dan di sensus kali ini ada beberapa metode yang akan digunakan, yakni metode tradisional, metedo kombinasi dan metode berbasis registrasi.

Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Endang Retno Sri Subiyandani mengatakan, tahun depan menjadi sensus penduduk pertama di Indonesia yang memanfaatkan data registrasi kependudukan  dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Pusat.

“Langkah ini menjadi titik awal untuk mewujudkan Satu data penduduk Indonesia,” ungkapnya dalam eorkshop wartawan dalam peran serta aktif wartawan dalam menyukseskan sensus penduduk 2020 di Aryaduta Hotel, Selasa (17/12).

Baca Juga  Harga Bahan Pokok Menurun, Sumsel Alami Deflasi Hingga 0,15 persen

Ia menambahkan, seluruh warga negara Indonesia akan disensus dan juga warga negara asing (WNA) yang sudah tinggal satu tahun di Indonesia atau merencanakan tinggal di Indonesia akan disensus.

Sensus online akan dilaksanakan pada 5 Februari sampai 31 Maret 2020 secara serentak. Jika tidak melakukan pendaftaran secara online, Bps akan mendatangi langsung kerumah-rumah penduduk dengan mengunakan sistem pendataan pada Juli 2020 mendatang.

“Kita akan mendatangi langsung kerumah penduduk masing- masing diantaranya sensus kependudukan, sensus pendidikan,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Pusat Statistik (Bps) Propinsi Sumatera Selatan, Endang tri wahyuningsi menambahkan, untuk sensus di Sumsel akan mengunakan sistem sensus secara online, tapi memang diakuinya sampai saat ini masih ada 9 kabupaten-kota yang mengunakan sistem pendataan tradisional, diantaranya kota Palembang, Kabupaten lahat, kota lubuk linggau, Pali, Muratara, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Baca Juga  Harga Bahan Pokok Menurun, Sumsel Alami Deflasi Hingga 0,15 persen

Ditambahkanya, dalam sensus kali ini pihaknya mengharapkan adanya peran serta dari media untuk memberikan informasi yang akurat terkait sensus penduduk secara serentak tahun depan.

Dalam pendataan nantinya Bps akan melakukan pengumpulan berbagai metode diantaranya Waci untuk online, Capi dan Papi pengumpulkan data yang mengunakan smart phone.

“Kami optimis sensus nantinya sukses dengan adanya dukungan dari para media yang memberikan informasi akurat terkait sensus pendataan penduduk,” tutupnya. (ds/int)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.